Penyebab Kepala Pusing Setelah Jongkok Terlalu Lama

Penyebab Kepala Pusing Setelah Jongkok Terlalu Lama

Kenapa Kepala Sering Pusing Ketika Sudah Jongkok.?? Apa Yang Sebenarnya Terjadi.??

Penyebab Kepala Sering Pusing Setelah Jongkok Terlalu Lama

Penyebab Kepala Sering Pusing Setelah Jongkok Terlalu Lama.?? Ini Penyebabnya

Mungkin itu beberapa pertanyaan bagi orang yang sering merasa pusing setelah berjongkok. Lalu apa yang sebenarnya terjadi, kok sering merasa pusing setelah berjongkok.?? Nah untuk mengetahui jawabannya, disini saya akan memberikan artikel kesehatan mengenai penyebab kepala pusing setelah jongkok terlalu lama ataupun sebentar.

Rasa pusing dan terasa ingin jatuh yang muncul setelah berjongkok dapat disebabkan oleh berbagai macam, seperti adanya penyakit ataupun adanya keluhan lain seputar kesehatan Anda. Dan berikut ini beberapa masalah yang sering muncul ketika kepala sering pusing setelah berjongkok.

Penyebab Kepala Pusing Setelah Jongkok Terlalu Lama

1. Anemia (Kurang Darah)

Salah satu penyebab kepala pusing setelah berjongkok terlalu lama adalah kurangnya darah dalam tubuh/anemia. Hal tersebut disebabkan karena berkurangnya hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh yang bertugas mengantar oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika seseorang menderita anemia, gejala lain yang sering timbul antara lain : dada terasa sesak, denyut jantung tidak teratur, mudah lelah, serta sering merasa mual.

2. Aliran Darah Yang Tidak Lancar

Selain sering pusing saat terlalu lama jongkok, keluhan lain yang sering muncul adalah kesemutan pada kaki. Hal tersebut terjadi karena adanya aliran darah dalam tubuh yang mengalir tidak lancar. Jika dipaksakan untuk tetap berdiri, Anda akan merasakan pusing dan seakan-akan ingin terjatuh.

3. Diabetes atau Penyakit Gula

Menurut Dr. Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K), mantan Ketua Yayasan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI). Salah satu penyebab kepala sering pusing setelah berjongkok “mungkin” dikarenakan seseorang tersebut menderita penyakit diabetes. “Orang yang sehat setelah duduk atau berbaring kemudian berdiri kira-kira seperdelapan detik bisa langsung menyesuaikan. Sedangkan pengidap diabetes butuh beberapa detik lebih lambat sehingga mengalami pusing”. Ujarnya

4. Haid Yang Tidak Teratur

Haid tidak teratur juga menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa pusing setelah berjongkok. Seperti diketahui, siklus haid yang normal berlangsung antara 21 sampai 35 hari. Jika siklus haid terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, kemungkinan darah yang keluar bukanlah dari haid.

5. Kurangnya Aktifitas Olahraga

Penyebab selanjutnya yang dapat menimbulkan rasa pusing setelah berjongkok adalah kurangnya aktifitas berolahraga. Untuk itu, selalu rutinlah berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar aliran darah tetap lancar dan kesehatan jantung Anda tetap terjaga.

6. Kurang Minum Air Putih

Tubuh membutuhkan air putih minimal 8 gelas perhari supaya kesehatan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai serangan penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi/hipertensi. Jadi jangan pernah sepelakan porsi minuman Anda setiap hari ya.

7. Kurang Tidur

Dan penyebab terakhir kepala sering pusing setelah berjongkok adalah kurangnya tidur. Waktu tidur yang sehat minimal 7-8 jam perhari. Namun banyak orang, terutama orang dewasa hanya mendapatkan waktu tidur 5-6 jam atau bahkan kurang setiap harinya. Ini dapat disebabkan karena gangguan tidur atau gaya hidup yang sibuk. Karena kondisi ini, tubuh menjadi melemah.

Untuk mengetahui penyebab pasti apa yang sebenarnya terjadi mengenai keluhan yang sering muncul ketika sudah jongkok kepala selalu pusing dan ingin jatuh berkonsultasilah dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi sehingga penangananĀ  dapat diberikan dengan tepat.

Itulah informasi mengenai penyebab kepala pusing setelah jongkok terlalu lama ataupun sebentar. Semoga dengan adanya informasi berikut ini bisa menjadi solusi bagi Anda untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat lagi. Dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya di website ini ya. ^_^

Baca Juga :

Obat Penghancur Batu Empedu

Obat Hiperensi atau Darah Tinggi

Obat Pelangsing Tubuh

Obat Jantung Koroner

Obat Pelancar Saluran Tuba Falopi Yang Tersumbat

I Obat Maag Kronis

Penyebab Kepala Sering Pusing Setelah Jongkok Terlalu Lama

Comments

comments

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrEmail this to someone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *